PENINGKATAN KAPASITAS MANAJEMEN KEUANGAN UMKM JOGJA SYNERGY OFFICE (JSO)

Abstract. This community service aims to increase knowledge in the field of corporate financial management or MSME (Small and Medium Enterprises) in the Jogja Synergi Office, located on Jl. Besi Jangkang, Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55581, with the education sector. The purpose of this community service is the management of financial management at MSMEs, especially in the staff of human resources (HR), and the staff of the finance department can understand and master financial management by management standards. The method used in the service is to provide training and consultation as well as case studies directly in the management of corporate finance or MSME, in this case, providing an understanding of the company’s financial statements. The conclusion of this service is the recording of financial statements, and there is some transaction analysis that is still wrong, the recording of trading companies and service companies are different, it is necessary to give an understanding of these differences. Abstrak. Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dalam bidang manajemen keuangan perusahaan atau UMKM (Usaha Kecil Mikro Menengah) di Jogja Synergi Office yang terletak di Jl. Besi Jangkang, Klidon, Sukoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581,  dengan bidang usaha pendidikan. Tujuan diadakan pengabdian masyarakat ini yaitu pengelolaan manajemen keuangan di UMKM tersebut terutama di staff sumber daya manusia (SDM) dan staff bagian keuangan dapat memahami serta menguasai manajemen keuangan yang sesuai dengan standar pengelolaan. Metode yang digunakan pada pengabdian yaitu dengan memberikan pelatihan dan konsultasi serta studi kasus secara langsung dalam pengelolaan keuangan perusahaan atau UMKM, dalam hal ini memberikan pemahaman tentang laporan keuangan perusahaan. Kesimpulan pada pengabdian ini yaitu pada pencatatan laporan keuangan, analisa traksaksi ada beberapa yang masih keliru, pencatatan perusahaan dagang dan perusahaan jasa berbeda, maka perlu diberikan pemahaman perbedaan tersebatu.

 

 

References

Dahen, L.D., & Susanti, N. (2017). Pembinaan Pengelolaan Keuangan pada Industri Makanan Ringan Rakik Maco di Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Jurnal Panrita Abdi, 1(2): 120-124.

Fazlurrahman, H., Ridlwan, A.A., & Hadi, H.K. (2017). Peningkatan Motivasi Wirausaha dan Pengelolaan Keuangan Sederhana bagi Mustahiq Zakat Produktif. Jurnal Panrita Abdi, 1(2): 107-113.

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan (Edisi Kedua). Prenadamedia Group. Jakarta.

Pardede, H.D., Simarmata, H.M.P., Saragih, R.S., & Panjaitan, R.E. (2010). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Petani Jamur Di Kecamatan Sitalasari Pematangsiantar. Caradde. Vol 1 No 1, Agustus 2018.

Tim Penyusun Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta. 2019. Panduan Pelaksanaan Internal Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Amikom Yogyakarta Edisi 2019. Yogyakarta.

SUMBER

https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/9544