Sinergi Untuk Kesehatan

Tanggal : 29 Februari 2020
Senam Lansia dan Cek Kesehatan Gratis Untuk Warga Klidon

Tema : Berbagi Untuk Warga Klidon

CSR atau Corporate Social Responsibility  menjadi salah satu acara yang paling ditunggu oleh karyawan JSO . Kenapa? Karena dengan kegiatan CSR kami dapat memperkenalkan perusahaan kmi dan berbaur dengan warga sekitar sebab kita hidup harus bermanfaat bagi negri terutama untuk sekitar yaitu warga di lingkup perusahaan. Dan pada 29 Februari 2020 Jogja Synergy Office menghelatkan CSR dengan tema Berbagi untuk Warga Klidon.

1. Senam Kesehatan Jasmani

Kepala saya ikut-ikutan bergoyang saat beberapa lagu dangdut koplo “mengguncang” kampung ini. Ya, gerakan warga mulai dari balita hingga lansia ini tampak dinamis dan lumayan menyumbangkan kehangatan di pagi yang dingin itu. “Pake senam lansia aja nggih bu, gerakannya gampang, biar semua bisa ikut”, terang instruktur saat ingin memulai gerakan olah tubuh ini.

Walaupun tampak sepele, namun raut wajah ceria tak luput dari sebagian besar warga yang mengikuti senam. Dibalik semangat mereka, ada beberapa kejadian lucu yang terekam, misal seorang ibu yang selalu salah mengikuti ritme gerakan atau seorang bapak yang menurut saya punya stok semangat berlebih hingga tak canggung berteriak saat mengikuti hentakan gerakan instruktur. 

2. Mukbang Jajanan Pasar

Dua tikar panjang dilepaskan gulungannya dan kami serempak duduk bersama. Sajian ubi dan kacang rebus dalam tempat khusus sudah melambai sejak awal diletakan di atas tikar. Menyusul kemudian sejumlah Jajanan Pasar yang tak kalah menarik perhatian, sebut saja Tiwul, Lunpia, Kroket Kentang dan sebagainya. Sederhana namun penuh makna.Tawa para peserta riuh reda seiring candaan dan kesiapan para tenaga kesehatan mempersiapkan peralatan. Sesi kedua dari CSR JSO adalah pemeriksaan kesehatan gratis.

3. Cek Kesehatan Gratis

Nah, ini adalah acara klimaks dari rangkaian kegiatan sehat di pagi itu. Jadi, setelah berhepi-hepi ria untuk membentuk mood baik di hari itu, warga juga diberikan fasilitas cek kesehatan gratis.

Ada tiga macam fasilitas cek kesehatan yang disediakan, yaitu cek tekanan darah, cek gula darah dan juga cek asam urat. Warga yang ingin mengikuti wajib menulis daftar nama di form yang sudah disediakan lalu mengantri sesuai dengan nomor urutannya.

Mereka tampak bersemangat untuk mengikuti rangkaian acara sehat di hari itu. Sesekali candaan dilontarkan warga ke tenaga medis yang hadir sehingga menghadirkan suasana yang cair bahkan tampak guyub rukun. “umur kulo sampun 90, tigang dinten kulo kraos mumet” (umur saya sudah 90, tiga hari ini saya merasa pusing), keluh seorang simbah yang menjadi peserta terakhir dari program ini.

A. Pengukuran tekanan darah

Awalnya semua peserta diminta mengisi form data berisi informasi tentang nama,usia dan alamat. Saat nomer urut dipanggil maka pemeriksaan dimulai. Tentu saja diiringi dengan percakapan khas warga desa yang terkenal dengan sopan santunnya.Beberapa peserta ternyata mengalami tekanan darah tinggi dan oleh tenaga kesehatan untuk mengurangi asupan garam.

B. Cek Asam Urat

Awalnya beberapa peserta sedikit takut dengan alat pengambil sample darah namun setelah dimulai ternyata semua semangat mengantri. Salah satu teman ternyata mempunyai kadar Asam Urat tinggi dan disarankan untuk olahraga. Kalau kalian sudah olahraga belum?

C. Cek Gula Darah

Salah satu kejadian yang menggelikan adalah saat satu peserta CSR ternyata sedikit sekali bisa diambil sample darahnya. Tenaga medis harus mencoba mengambil dari dua jari agar mendapat kouta sample darah yang cukup. Kembali gelak tawa menyeruak.Tak ada sekat antara peserta dengan staf perusahaan maupun tenaga medis.

Sumber artikel :
1. https://www.vikakurniawati.com/2020/03/csr-jogja-synergy-office-menjembatani.html?m=1
2. https://missriana.com/jogja-sinergy-office/